KUNCI KEBERHASILAN DALAM BERWIRA USAHA


KUNCI KEBERHASILAN DALAM BERWIRA USAHA-Ritel khususnya dengan nama brand yang terkenal dan ritel ritel makanan dengan pemberian diskon seperti Wal Mart, Carrefour, Giant, memiliki keuntungan bersaing secara global. Beberapa ritel besar eropa dan jepang mempunyai lebih banyak pengalaman dama pengoprasian toko toko ritel di pasar nondomestic, contoh Carrefour prancis sudah mengoprasikan toko toko dipasar domestic selama kurang lebih 30 tahun. Perusahaan membeli beberapa produk lkal dan menyewa serta melatih manajer manajer local, member mereka kepercayaa dan otoritas kepada mereka dengan cepat. Meskipun Wal Mart mempunyai system distribusi yang lebih efesien, Carrefour telah bersaing secara efektif dengan Wal Mart di brazil dan argentina.
Empat cirri ritel yang sudah menggunakan kesempatan kesempatan pertumbuhan internasional yaitu :
1. Keuntungan bersaing yang bisa dipertahankan secara global
2. Kemampuan untuk menyesuaikan
3. Mengikuti budaya global
4. Memiliki kecukupan modal
Keuntungan bersaing yang bisa dipertahankan secara global
Wal mart crrefour berhasil dalam pasar internasional dimana harga memilki peranan penting dalam melakukan keputusan konsumen dan infrastruktur distribusi tersedia untuk memungkinkan perusahaan ini menggunakan kemampuan logistic.
Kemampuan menyesuaikan diri
Ktika ritel ritel global berhasil membangun kompetensi mereka, mereka juga mengetahui perbedaan berbedaan budaya dan mentesuaikan strategi inti mereka dengan kebutuhan pasar loka. Peraturan peraturan pemerintah dan nilai nilai budaya juga ikut memengaruhi oprasi toko. Beberapa perbedaan seperti liburan, jam pengoprasian, pegawai pegawai paruh waktu, harus menjadi perhatian manajemen.
Budaya Global
Untuk kearah global, cara berfikirnya harus global, tidak cukup hanya memindahkan budaya asal dan infrastrukturnya ke Negara lain. Struktur manajemen global yang terpenuhi setiap waktu, meninggkatkan kesadaran dan pelaksanaan praktik terbaik secara global. Salah satu contoh perusahaan ritel yang telah membuktikan komitmen global ialah Carrefour. Carrefour telah memiliki 30 tahun pengalaman di Negara maju dan Negara berkembang. 
Kecukupan Modal
Perluasan kedalam pasar internasional membutuhkan komitmen jangka panjang. Ritel sangat sulit untuk menumbuhkan keuntungan dalam jangka pendek saat membuat transisi ke ritel global. Untuk itu masalah kecukupan modal menjadi hal yang sangat penting dan perlu menjadi perhatian.
Strategi Strategi untuk Masuk ke Pasar Luar Negeri
Ada empat pendekatan yang diambil para peritel bila sedang memasuki pasar nondomestic yaitu investasi langsung, usaha gabungan, penggabungan strategis, dan permintaan hak.
1. Investasi Langsung
Adalah upaya yang dilakukan peritel memlalui usaha untuk menginvestasikan modalnya dan memiliki divisi ataupun cabang yang membangun dan menjalankan toko yang berada dinegara Negara lain.

2. Usaha Gabungan
Adalah upaya yang dibentuk bila para peritel asing yang akan masuk ke Negara lain dengan menyatukan sumber sumbernya dengan ritel local untuk membentuk perusahaan diamana kepemilikan, kendali dan keuntungan dibagi.
3. Penggabungan Strategi
Ialah upaya peritel dalam membangun hubungan kolaboratif antara perushaan perusahaan mandiri. Contoh rite lasing bisa memasuki pasar internasional melalui investasi langsung namun harus mengembangkan penggabungan dengan perusahaan local untuk menjalankan kegiatan kegiatan dasar dan logistic.

4. Permintaan Hak
Ialah upaya peritel memasuki pasar luar melalui permintaan hak pada para peritel local dalam hal pengendalian dan pengoprasian ritel, dalam upaya ini, para peritel menawarkan resiko terkecil dan membutuhkan investasi yang paling sedikit. Tapi perusahaan yang memasuki pasar luar telah membatasi pengendalian atas pengoprasian ritel dinegara luar karena terkait dengan penciptaan dan peningkatan pesaing domestic local.

 Demikian artikel yang dapat dibagikan semoga bisa menjadi bahan refrensi untuk belajar dan dapat diterapkan dalam berwira usaha.. 

0 Response to "KUNCI KEBERHASILAN DALAM BERWIRA USAHA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel