STRATEGI PEMASARAN RITEL
STRATEGI PEMASARAN RITEL-Proses strategi pemasaran ritel
merupakan cara yang dilalui para pengusaha ritel untuk mengembangkan usahanya.
Langkah langkah menjelaskan bagaimana ritel memilih segmen target pasar,
menentukan format ritel yang sesuaidan membangun keuntungan bersaingyang dapat dipertahankan langkah langkah tersebut ialah sebagai berikut :
1 Misi
BIsnis
Misi bisnis atau
tujuan bisnis adalah tujuan ritel dalam mencapai keberhasilan dan kegiatan
kegiatan yang akan dilakukan untuk mencapai keberhasilan.
2 Pemeriksaan
Situasi
Pemeriksaan
merupakan suatu kegiatan untuk melakukan analisis kesempatan kesempatan dan
ancaman ancaman dalam lingkungan ritel dan kelebihan serta kekurangan usaha
ritel.
·
Factor Pasar
Untuk melakukan
analisis factor factor pasar bisa dilakukan dengan mencari data dan informasi
ke Badan Pusat Statistik untuk mendapatkan informasi tentang ukuran,
pertumbuhan, perputaran dan pasar musiman pada umumnya.
·
Faktor Persaingan
Sifat ataupun
cirri persaingan pada usaha ritel terpengaruh oleh penghalang atau hambatan
untuk masuk, penawaran kekuasaan penjualan dan persaingan.
· Faktor Lingkungan
Factor factor
lingkungan yang mempengaruhi ketertarikan pasar meliputi perubahan teknologi,
ekonomi, peraturan dan sosial. Ritel perlu menjawab tiga pertanyaan antar lain
:
a)
Perkembangan atau perubahan baru apa yang
mungkin bisa terjadi, seperti peraturan dan teknologi baru ataupun factor
factor sosial yang berbeda dan kondisi ekonomi?
b)
Kemungkian apa yang akan terjadi dalam perubahan
lingkungan?
c)
Bagaimana perubahan perubahan ini mempengaruhi
dampak tiap tiap pasar ritel, perusahaan serta para pesaingnya.
3. Kesempatan
Strategis
Setelah
menyelesaikan audit situasi langkah selanjutnya adalah menjelaskan kesempatan
kesempatan dalam meningkatakan penjualan ritel.
4 Evaluasi
Kesempatan Kesempatan Strategis
Evaluasi inI
kemungkinan dapat menentukan ritel untuk meningkatkan keuntungan bersaing yang
dipertahankan dan keuntungan jangka panjang dari kesempatan kesempatan dengan
evaluasi.
5. Menentukan
Tujuan tujuan Khusus dan mengalokasi Sumber Daya
Setelah
mengevaluasi, langkah berikut ialah proses perencanaan strategis adalah
menentukan tujuan khusus untuk tiap kesempatan. Tujuan tujuan khusus ini
memiliki tiga kompoen.
1.
Pengelolaan, termasuk adanya kemajuan yang dapat
diukur
2.
Kerangka waktu dimanatujuan harus dicapai
3.
Tingkat investasi yang diperlukan untuk mencapai
tujuan
6 Kembangkan
Penggabungan Ritel Untuk Melaksanakan Strategiri
Langkah ke enam
dari proses perencanaan ialah mengembangkan penggabungan untuk setiap kesempatan
di mana investasi akan dilakukan dan untuk mengendalikan dan mengevaluasi
pengelolaan.
7 Evaluasi
Pengelolaan dan Buat Penyesuaian
Jika ritel memenuhi
atau melebihkan tujuan, perubahanya tidak diperlukan. Tetapi jika usaha ritel
gagal memenuhi tujuanya, perlu dilakukan analisis kembali dengan meninjau
program program pelaksanaan, namun ini bisa menunjukan bahwa kebutuhan atau
perlunya strategi harus dipertimbangkan ulang.
Kesimpulan
Konsep ritel yang efektif adalah
orientasi manajemen yang memfokuskan ritel dalam menentukan kebutuhan target
pasar dan memenuhi kebutuhan kebutuhan dengan lebih efektifdan efesien dari
pada pesaingnya. Ritel yang berhasil harus memenuhi kebutuhan kebutuhan
pelanggan pada segmen pasar yang mereka layani dengan lebih baik dari pada
pesaingnya.tugas utama dan terdepan dalam mengembangkan strategi usaha ritel
adalah menetapkan pasar sasaran, proses ini tentunya dengan diawali dengan
menetapkan segmentasi pasar. Ritel yang suskses selalu didasari dengan upaya
untuk mengenali pelangganya . pasar sasaran dalam usaha ritel sering ditetapkan
berdasarkan factor demografis, geografis, geodemografis, lifestyle, segmentasi
situasi belanja segemntasi berdasarkan manfaat.
Perencanaan strategi merupakan
proses yang terus menerus. Setiap hari pengusaha ritel memeriksa situasi situai
meninjau tren gaya hidup, mempelajari teknologi teknologi baru dan memonitor
kegiatan kegiatan pesaingnya.
Demikian artikel yang dapat
dibagikan semoga bermanfaat dan menambah wawasan dalam berbisnis dan dapat diterapkan
dalam berwira kusaha khususnya untuk usaha ritel.
0 Response to "STRATEGI PEMASARAN RITEL"
Post a Comment