Apa itu Digital Marketing ?



A. Pengertian Digital Marketing dan Marketing 


Menurut para ahli (Philip Kotler , Gary, Wong, , & John Saunders, 2008) Pemasaran ialah mengelola hubungan dengan pelanggan yang menguntungkan. Tujuan ganda dari pemasaran yaitu untuk menarik pelanggan baru dengan menjanjikan nilai superior dan mempertahankan pelanggan serta tumbuh dan berkembang dengan memberikan kepuasan terhadap pelanggan. 

E-Marketing atau digital marketing menurut para ahli diantaranya (Chaffey & Mayer, 2009) ialah pemasaran yang memiliki lingkup sangat luas karena mengacu pada media digital seperti contoh dengan menggunakan media web, e-mail, gmail, medsos, youtube dan lains sebagainya yang bisa mendukung dalam kegiatan bisnis yang bertujuan untuk dapat mengembangkan usaha, namun juga meliputi pengelolaan data pelanggan digital, dan juga bagaimana Internet bisa digunakan bersama dengan media tradisional untuk mendapatkan dan memberikan layanan terbaik kepada pelanggan. 

Untuk saat ini semuanya sudah menjadi elektronik. Marketer atau pelaku usaha menggunakan teknologi untuk melakukan kegiatan usaha. E-marketing menciptakan, mengajak berkomunikasi, dan memberikan proses nilai kepada pelanggan yang telah menggunakan sistem teknologi informasi serta untuk mengelola dan memelihara hubungan dengan pelanggan untuk mendapatkan manfaat bagi organisasi atau perusahaan dengan para stakeholder. E-marketing sering kali menggunakan metode teknologi informasi ke dalam prinsip-prinsip pemasaran tradisional. 

Menurut pakar ekonomi Hidayat & Tobing, 2012 di katakan bahwa pemasaran dengan cara digital marketing mempunyai kaitan yang sangat kuat. jika seseorang mulai mengeksplorasi bisnis pemasaran melalui internet mereka akan segera menemukannya bahwa daripada mencari beberapa pelanggan, merek sekarang akan mempunyai kemampuan untuk mendapatkan jutaan pelanggan dari pendekatan global dan kelompok yang lebih spesifik serta dari pelanggan yang lebih dekat dengannya, daya tarik juga lebih luas daripada bisnisnya yang mereka miliki sebelumnya. mereka dapat menggunakan media sosial sebagai pasar, dan juga memiliki pasar yang telah atau akan ditargetkan. 


B. Digital Marketing 


E-marketing merupakan bagian dari e-commerce yang merupakan sistem penjualan atau perdagangan melalui internet, dimana internet akan terus memberikan sifat yang up to date, maka perusahaan bisa memberikan layanan informasi produk yang ditawarkan secara jelas dan mudah. 

Dalam hal ini dapat memberikan dampak yang baik untuk kemajuan perusahaan jika sistem ini dapat dijalankan dengan baik. Berdasarkan pengertian di atas dapat disimpulkan e-marketing ialah proses dan aktivitas pemasaran produk barang dan jasa perusahaan dengan menggunakan media elektronik melalui internet. 

Tujuan yang terdapat pada e-marketing mencakupi aspek antara lain : 

1. Tugas, apa aja yang harus dicapai 
2. jumlah yang terukur 
3. berapa banyak, 
4. kapan. 
Sebagian besar digital marketing bertujuan untuk mencapai berbagai tujuan, yaitu : 

(1) meningkatkan pangsa pasar; 
(2) meningkatkan jumlah komentar pada sebuah blog ataupun website; 
(3) meningkatkan pendapatan penjualan; 
(4) mengurangi biaya, seperti biaya distribusi atau promosi; 
(5) mencapai tujuan brand, seperti meningkatkan kesadaran merek; 
(6) meningkatkan ukuran database; 
(7) mencapai tujuan Customer Relationship Management, misal meningkatkan kepuasan pelanggan, frekuensi pembelian, atau tingkat referensi pelanggan; 
(8) memperbaiki manajemen rantai suply, seperti dengan meningkatkan koordinasi anggota, menambahkan mitra, atau mengoptimalkan tingkat persediaan. 



C. Keunggulan Digital Marketing 

Keuntungan utama dari e-marketing ialah dapat mengurangi biaya dan meningkatkan jangkauan yang lebih luas. Biaya platform e-marketing biasanya lebih rendah daripada platform pemasaran lainnya seperti face-to-face atau perantara penjual / distributor Selain itu, e-marketing memungkinkan perusahaan untuk dapat menjangkau pelanggan yang tidak dapat diakses karena keterbatasan waktu dan lokasional dari saluran distribusi yang ada. Platform e-marketing meningkatkan jangkauan dan mengurangi biaya dengan menyediakan tiga bidang keuntungan bagi pelanggan yaitu : 

Perusahaan pemasaran dapat memberikan informasi terbatas untuk pelanggan tanpa campur tangan manusia. Ini merupakan keuntungan lebih dari bentuk-bentuk lain dari kontak karena jumlah informasi yang dapat diberikan jauh lebih besar daripada dalam bentuk komunikasi lainnya. Selain itu juga, yang lebih penting, informasi tersebut bisa diberikan dalam bentuk yang pelanggan bisa dengan mudah proses untuk memahami. 

Perusahaan e-marketing bisa membuat interaksi dengan menyesuaikan informasi bagi pelanggan perorangan yang memungkinkan pelanggan untuk merancang produk dan jasa yang memenuhi kebutuhan spesifik mereka (Watson et al, 2002). contohnya online checking dan seat assignment bisa dilakukan di internet. 

Platform e-marketing dapat memungkinkan transaksi antara pelanggan dengan perusahaan yang biasanya akan membutuhkan kontak atau data pelanggan.



Nah itulah tadi artikel yang dapat saya bagian semoga bisa menjadi bahan refrensi dan bermanfaat..

0 Response to "Apa itu Digital Marketing ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel